Senin, 31 Agustus 2015

Sejarah Perkembangan versi OS Android Terbaru

Sejarah Singkat dan Lengkap Perkembangan versi OS Android Terbaru Bahasa Indonesia.
Sejarah Perkembangan versi OS Android Terbaru - Ini merupakan artikel pertama di blog Clasher Indonesia, semoga pada artikel pertama ini kalian sudah mulai tertarik dengan blog Clasher Indonesia dan selalu mengunjungi Clasher Indonesia setiap hari. Untuk artikel saya yang pertama ini, saya akan berbagi mengenai sejarah singkat operation system android dan jenis-jenis operation systemnya, mari kita langsung menuju inti dari artikel ini.
Saya menulis artikel ini bersumber pada wikipeda, dan blog-blog lain yang saya anggap dapat dipercaya. 

Sejarah Singkat Perkembangan versi OS Android

Android, adalah sistem operasi yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh seperti smartphone dan tablet. Sistem operasi android ini awalnya dikembangkan Android, inc., perusahaan ini berada di Palo Alto, California Amerika Serikat. Pada akhirnya perusahaan ini dibeli oleh perusahaan google pada tahun 2005. 
Sistem operasi ini dirilis secara resmi pada tahun 2007 bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance, diproduksi tahun 2007 tetapi pada saat itu belum menjual produknya, produknya untuk pertama kali dijual pada tahun 2008.
Smartphone pertama yang memakai sistem operasi Android adalah HTC Dream, yang dirilis pada 22 Oktober 2008. Pada penghujung tahun 2009 diperkirakan di dunia ini paling sedikit terdapat 18 jenis telepon seluler yang menggunakan Android.

Sejarah Singkat dan Lengkap Perkembangan versi OS Android Terbaru Bahasa Indonesia.

Android versi 1.1 (Alpha)

Versi pertama dari android ini dipublikasikan pada 9 maret 2009, versi 1.1 dilengkapi pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.

Android versi 1.5 (Cupcake)

Versi kedua dari os android ini dirilis pada pertengahan mei 2009, jarak waktu dari versi pertama dengan kedua tidak lama, hanya sektiar 2 bulan saja. 
Versi 1.5 (Cupcake) terdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.

Android versi 1.6 (Donut)

Versi ini dirilis pada bulan September dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine.

Android versi 2.0/2.1 (Eclair)

Pada 3 Desember 2009 kembali diluncurkan ponsel Android dengan versi 2.0/2.1 (Eclair), perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.

Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)

Pada 20 Mei 2010, Android versi 2.2 (Froyo) diluncurkan. Perubahan-perubahan umumnya terhadap versi-versi sebelumnya antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.

Android versi 2.3 (Gingerbread) 

Pada 6 Desember 2010, Android versi 2.3 (Gingerbread) diluncurkan. Perubahan-perubahan umum yang didapat dari Android versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.

Android 3.0/3.1 (HoneyComb)

Android HoneyCombdirancang khusus untuk tablet, disini anda dapat melihat tablet yang memakai android untuk os besertaharga tablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang dibuat dengan menjalankan Honeycomb adalahMotorola Xoom. Perangkat tablet dengan platformAndroid 3.0 akan segera hadir di Indonesia. Perangkat tersebut bernamaEee Pad Transformer produksi dariAsus. Rencana masuk pasarIndonesia pada Mei 2011.

Android 4.0 (ICS: Ice Cream Sandwich)

4.0 Android Ice Cream Sandwich diumumkan pada tanggal 19 Oktober 2011, membawa fitur Honeycomb untuk smartphone dan menambahkan fitur baru termasuk membuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC.

Android 4.1 - 4.3 (Jelly Bean)

Operasi sistem jelly bean ini dirilis pada tanggal 9 juli 2012, Android Jelly Bean os hasi pembaruan versi ice cream sandwich.
Android jelly bean juga telah di optimasi pada bagian kinerja os super cepat. Ditambah dengan beberapa peningkatan kinerja pada sisi kamera, penambahan navigasi Gesture. 

Android 4.4 (Kitkat)

Android kitkat dirilis pada tanggal 31 bulan Oktober 2013 yang memiliki tampilan lebih dinamis dari os sebelumnya yaitu jelly bean.
Versi android ini lebih mengoptimasi pada konsumsi baterai dan kinerja os lebih cepat ketika di jalankan pada perangkat memiliki spesifikasi lebih rendah.


Android 5.0 (Lollipop)

Android lollipop dirilis pada tahun 2014 yang lebih mengoptimasi ke sektor keamanan dan kenyamanan pengguna.

Yang menjadi perbedaan OS android terbaru ini dengan versi sebelumnya terletak pada sisi tampilan desain menu yang sudah menggunakan material desain, baterai yang lebih hemat, adanya fitur baru yaitu Quick setting dan Quick Notifikasi.
Terimakasih sudah membaca artikel tentang Sejarah Perkembangan versi OS Android Terbaru di Android Portal Indonesia, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini.

0 komentar

Poskan Komentar