Kamis, 07 Juli 2016

Cara Berhasil Mengatasi Aplikasi Android yang Keluar dengan Sendirinya, Force Closes

Cara Berhasil Mengatasi Aplikasi Android yang Keluar dengan Sendirinya, Cara Berhasil Mengatasi Aplikasi Android Force Closes, Cara Ampuh Mengatasi Aplikasi Android Keluar Sendiri Saat Membukanya.
Cara Berhasil Mengatasi Aplikasi Android yang Keluar dengan Sendirinya (Force Closes) - Pada kesempatan kali ini Anpoin akan memberikan informasi Android tentang masalah yang sering dialami para pengguna android, yaitu force closes atau sebuah masalah yang muncul saat kita membuka aplikasi android. Jadi disini anpoin akan memberikan informasi tentang Android Bagaimana cara mengatasi aplikasi pada android yang keluar sendiri atau yang biasa kita sebut dengan istilah force close.

Apa Penyebab Force Close Pada Android?

Cara Berhasil Mengatasi Aplikasi Android yang Keluar dengan Sendirinya, Cara Berhasil Mengatasi Aplikasi Android Force Closes, Cara Ampuh Mengatasi Aplikasi Android Keluar Sendiri Saat Membukanya.
Banyak pengguna ponsel pintar bersistem android mengeluhkan ketika membuka suatu aplikasi tertentu ternyata berhenti di tengah jalan dengan adanya notifikasi bahwa aplikasi telah ditutup paksa alias force close. Biasanya ada 2 error yang memaksa aplikasi untuk menutup yaitu ketika aplikasi sudah berjalan dan aplikasi masih pada awal mula dijalankan.
Ketika aplikasi baru saja dijalankan dan menunjukkan tanda error di layar seperti tulisan 'Unfortunately, Force Closes has stopped' dan pengguna disuguhi dengan tombol OK dan Report untuk aksi selanjutnya maka ada beberapa sebab dan kemungkinan yang terjadi;
  • Cpu dan ram kurangi mumpuni untuk menjalankan aplikasi tersebut, kalau pun itu aplikasi yang sobat gunakan lumayan ringan, mungkin sudah terlalu banyak aplikasi yang berjalan di balik layar "backgraund" dan hal tersebut menyebabkan ram di android sobat jadi penuh dan tidak bisa membuka aplikasi lain lagi.
  • Data dari aplikasi yang bersakutan belum lengkap dan masih di perlukan pembaharuan.
  • Konfigurasi yang salah sehingga menumpunya file-file sampah Dalvik data cache atau biasanya lebih di kenal dengan nama Temporaly file.
  • Aplikasi kurang begitu kampetibel atau gak cocok dengan android sobat.
  • Sistem kernel yang mengalami kesalahan dalam mengeksekusi atau menjalankan program.
  • Koneksi internet yang tiba-tiba terputus hal ini menyebabkan di beberapa aplikasi yang membutukan koneksi internet seperti game online, streaming ataupun aplikasi chatting.
  • Masalah hardware yang kurang mendukung.

Cara Ampuh Berhasil Mengatasi Force Close Keluar Sendiri Pada Android
Cara Berhasil Mengatasi Aplikasi Android yang Keluar dengan Sendirinya, Cara Berhasil Mengatasi Aplikasi Android Force Closes, Cara Ampuh Mengatasi Aplikasi Android Keluar Sendiri Saat Membukanya.
  1. Koneksikan Gadget ke Internet / Wi-fi / Paket Data
    Jaman sekarang hampir semua aplikasi membutuhkan akses ke internet. Karena itu sebelum mencoba langkah lainnya, ceklah koneksi internet pada gadget Android kalian. Untuk menyalakan internet secara manual bisa masuk ke Android Settings > Wireless & Network > Mobile Networks > Enable data access. Atau simply koneksikan ke wi-fi yang ada di sekitar kalian. Selain internet, ada kalanya kalian juga perlu menyalakan Location Service, karena beberapa aplikasi (seperti Foursquare) akan tidak berfungsi dengan baik apabila Location Services di Android kalian dimatikan.
  2. Manual Force Stop
    Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan me-restart aplikasi yang force close. Caranya dengan melakukan force stop manual, masuk ke Settings > Application Manager, kemudian pilih aplikasi yang sesuai, dan klik tombol “Force Stop”. Setelah itu nyalakan aplikasi seperti biasa. Selain me-restart aplikasi, kalian juga bisa mencoba me-restart gadget untuk mengatasi masalah force close.
  3. Clear Data Aplikasi
    Cara lainnya adalah dengan melakukan “Clear Data” dan “Clear Cache” aplikasi yang bermasalah, karena salah satu penyebab aplikasi force close adalah adanya data yang korup. Untuk melakukan Clear Data, caranya seperti di atas, masuk ke Android Settings > Application Manager, kemudian pilih aplikasi yang sesuai dan klik “Clear Data”. Saat melakukan langkah ini data-data di aplikasi akan terhapus semua, dan biasanya kalian akan disuruh untuk login ulang saat menyalakan aplikasi tersebut. Alternatif untuk Clear Data atau Cache lainnya kalian bisa menggunakan aplikasi third party seperti “Clean Master” yang akan membersihkan smartphone kalian dari data-data yang tidak penting.
  4. Reinstall atau Install Ulang Aplikasi
    Kalau langkah-langkah di atas tidak berhasil, maka kita bisa melakukan install ulang aplikasi tersebut. Hal ini sangat disarankan apalagi jika aplikasi kalian adalah aplikasi bajakan. Caranya, masuk Settings > Application Manager, dan klik Uninstall. Kemudian untuk menginstall nya lagi bisa melalui Play Store dan download aplikasi baru dari sana.
  5. Update Aplikasi
    Ada kalanya sebelum menginstall aplikasi dari Play Store, kalian harus mencermati keterangan dan status dari aplikasi yang akan kalian instal. Karena biasanya aplikasi yang masih beta atau masih baru, belum stabil dan sering tiba-tiba crash atau force close. Disarankan untuk secara rutin mengecek update untuk aplikasi-aplikasi yang bermasalah di gadget kalian. Caranya bisa masuk ke Play Store > My Apps. Namun kalian harus cermat juga saat menginstall update, karena ada juga update yang malah membuat aplikasi menjadi bermasalah. Ketika ada versi baru dari suatu aplikasi, ada baiknya kalian mengecek review atau komentar pengguna tentang update tersebut.
  6. Update Android OSSelain update aplikasi, kalian juga bisa mencoba untuk update Android OS terbaru yang tersedia bagi gadget kalian. Hal ini sangat disarankan untuk kalian yang masih menggunakan Android versi GingerBread (2.3) ke bawah. Apabila ada versi terbaru, langsung update Android OS kalian. Karena kebanyakan aplikasi yang beredar sekarang bisa bekerja dengan baik di minimal Android OS 4.0 (Ice Cream Sandwich). Untuk melakukan update, bisa masuk ke Android Settings > About Phone > System Updates.
  7. Switch dari ART ke Dalvik Runtime
    Untuk Android OS versi Kitkat ke atas disediakan runtime alternatif selain Dalvik, yaitu ART (Android RunTime). ART bisa mempercepat kinerja aplikasi dan OS, namun sayangnya belum semua aplikasi kompatibel atau bisa berjalan mulus di ART. Karena itu kalian bisa mengecek runtime yang digunakan pada gadget KitKat kalian, dan menggantinya ke Dalvik untuk kompatibilitas aplikasi yang lebih luas. Caranya, aktifkan Developer Options dengan klik berulang-ulang “build number” di halaman About Phone. Setelah itu masuk ke Developer Options dan pilih Select Runtime > Dalvik.
  8. Factory Reset Smartphone kalian
    Ini adalah langkah yang agak ekstrim karena melakukan factory reset akan menghapus semua data di gadget kalian. Namun apabila terjadi kasus force close yang parah dan terjadi di lebih dari satu aplikasi yang ada di gadget kalian, maka opsi ini bisa dipertimbangkan. Factory reset akan mengubah status gadget kalian menjadi sama seperti saat pertama kali kalian membelinya, karena itu langkah ini akan menghapus semua data, data foto/video, data aplikasi, dan data update Android OS yang pernah kalian install. Caranya kalian bisa masuk ke Android Settings > Backup & Reset > Factory Data Reset. Jangan lupa untuk mem-backup data penting kalian sebelum mencoba langkah ini.
  9. Upgrade Smartphone kalian
    Ini adalah langkah final dan paling ampuh untuk mengatasi aplikasi yang force close. yaitu membeli smartphone baru yang lebih canggih. Apabila gadget kalian saat ini hanya mempunyai RAM 512 MB dan free storage space kurang dari 100 MB. Maka dengan membeli smartphone baru dengan spesifikasi RAM 2 GB, Quad-Core processor, storage 32 GB, dan Android versi terbaru dijamin akan mengatasi masalah aplikasi kalian yang sering force close.
Terimakasih sudah membaca artikel tentang Cara Berhasil Mengatasi Aplikasi Android yang Keluar dengan Sendirinya, Force Closes di Android Portal Indonesia, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini.

0 komentar

Poskan Komentar